Kamis, 11 Maret 2010

FORTRAN

POL (Procedure Oriented Language) yang pertama kali digunakan secara luas adalah fortran, yang merupakan singkatan dari Formula Translation. Pengembanganya dimulai dari tahun 1950-an oleh sebuah komite yang terdiri dari orang-orang IBM dan beberapa pelangganya. Tapi yang punya adil besar dalam pembentuka ini bisa disebutkan antara lain Jhon W. backus pegawai IBM.
Fortran dibuat pada awalnya untuk memecahkan persoalan-persoalan mathematika. Meskipun tidak ada satu bagian pun yang memaksa fortran menjadi bahasa ‘specialis’ bidang-bidang tersebut , namun fortran telah menjadi semacam ‘kendaraan’ bagi pengajaran aplikasi komputer dan pemograman.
Untuk bidang-bidang teknik . fortran menjadi bahas yang paling banyak digunakan. Dilain pihak untuk aplikasi yang lebih mengarah ke dunia usaha, cobol menjadi pilihan utama, sedangkan basic merupakan pilihan yang paling umum untuk aplikasi komputer mikro dan untuk beberapa aspek pengguna komputer dibidang pendidikan. Sementara pascal digunakan sebagai standar pada saat pertama kali seseorang belajar ilmu komputer.
Adalagi beberapa kelebiha fortran salah satunya adalah rinciannya dalam menangani oprasi-oprasi input dan output, yang canggih dan sangat presisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar