Jumat, 12 Maret 2010

jenis komputer

Pembagian komputer menurut jenisnya bisa kita lakukan berdasarkan :
• Cara kerja
• Kegunaan
• Kapasitas kerja dan memori
BERDASARKAN CARA KERJA
Berdasarkan cara kerja, komputer bisa kita bagi atas 3 jenis yaitu : koputer analog,digital dan hybrid.

Analog bisa kita artikan dengan sama, setara atau Equivalen. Jadi komputer anlog adalah komputer yang beroprasi secara pararel atau sama dengan besaran fisik atau angka angka yang di terimanya. jadi komputer analog sangat sesuai sekali digunakan untuk mengukur data kualitatif seperti tempratur tinggi nada suara,tegangan listrik dan lain-lain.
Sebagai contoh : penggunaan komputer pada alat volt meter ,jam listrik,barometer dan lain-lain

KOMPUTER DIGITAL
Komputer digital adalah komputer yang beroprasi atau bekerja dengan angka angka atau tanda-tanda lain seperti huruf, tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam oprasinya di identifikasikan sebagai angka. Komputer digital mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulai data. Maka komputer digital ini sering di gunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis, dan lain-lain aplikasi yang mengolah data kuantitatif.
KOMPUTER HYBRID
Komputer ini adalah gabungan dari kedua jenis komputer tersebut d atas, ia bekerja atau beroprasi dengan angka atau besaran fisik yang diterimanya berdsarkan kerja dan memori dapa kita golonhkan koputer atas, mokrokomputer, minikomputer, medimum-scale computer, large-scale dan super komputer.
Cara pembagian komputer tidak selalu demikian. Ada ynag membagi atas 3 kelas,yaitu mikrokomputer,minikomputer dan mainframe.
Dilihat dari fleksibelitas penggunannya,komputer dapat dogolongkan atas komputer serba guna (general purpose), dan komputer untuk penggunaan khusus ( special ppurpose).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar